Rabu, 17 Januari 2018

Tips Fitness: Cara Fitness Yang Benar

Latihan fitness tentu bertujuan untuk membentuk otot-otot tubuh dan menciptakan bentuk tubuh menjadi lebih elok dan ideal. Namun, untuk mendapat tubuh yang ideal dengan fitness, harus ada suatu aktivitas latihan yang benar dan terstruktur. Banyak pemula yang gagal membentuk tubuh dengan benar maupun gagal menjalankan aktivitas diet alasannya yaitu mereka tidak mengetahui bagaimana cara melaksanakan fitness yang benar. 

Maka dari itu, di pos ini Program Latihan Fisik akan memaparkan tips bagaimana melaksanakan aktivitas fitness yang benar. Tentunya hal ini ditujukan supaya anda sanggup mempunyai tubuh ideal menyerupai yang anda inginkan. Berikut yaitu cara fitness yang benar yang saya sarankan untuk fitness mania. 

1. Latihan fitness 4-5 hari dalam seminggu

Kalau selama ini anda berpikir dengan latihan fitness setiap hari, maka otot akan semakin terbentuk dengan baik, maka hilangkan pikiran tersebut. Perlu anda ketahui, fitness yang baik justru dilarang dilakukan setiap hari. Tubuh anda membutuhkan istirahat yang berfungsi sebagai proses recovery (pemulihan). 

Pada ketika istirahat / proses pemulihan inilah otot anda akan terbentuk dan akan lebih siap menjalankan aktivitas latihan fitness selanjutnya dengan tenaga yang full. Kalau anda berlatih fitness setiap hari tanpa / kurang jeda istirahat, maka anda akan mengalami overtraining dan rasa lelah berlebihan 

Program fitness yang ideal dilakukan 4-5 hari dalam seminggu. Itu artinya, setidaknya anda harus melaksanakan jeda istirahat minimal 2 kali dalam seminggu. Idealnya aktivitas latihan sanggup disusun menyerupai ini: 

Senin-selasa: Workout
Rabu: Off
Kamis-Sabtu: Workout
Minggu: Off

Atau

Senin-selasa: Workout
Rabu: Off
Kamis-jumat: Workout
Sabtu: Kardio
Minggu: Off


2. Masukkan hidangan kardio

Fitness yang benar yaitu fitness yang tidak melupakan hidangan kardio. Banyak orang berpikir bahwa latihan kardio sanggup mengurangi masa otot alasannya yaitu kardio fokus untuk aben lemak dan banyak bergerak. Menu kardio tetap harus anda lakukan alasannya yaitu kardio aben lemak lebih cepat, sehingga otot2 akan lebih cepat terlihat ketika lemak anda sudah habis. 

Seseorang yang sedang melaksanakan bulking higienis pun tetap menjalankan latihan kardio. Jika anda tidak sedang dalam aktivitas diet, latihan kardio tetap harus dilakukan namun tidak perlu dilakukan dengan intensitas tinggi. Anda sanggup menentukan latihan kardio sepeda statis, treadmill, berenang, atau lompat tali.  

3. Jangan melatih otot yang sama setiap hari 

Dalam fitness, anda tidak disarankan melatih otot yang sama setiap hari. Misalnya, dalam seminggu setiap hari anda melatih otot bicep. Hal ini justru menciptakan otot anda semakin sulit berkembang. Satu otot yang sama maksimal hanya boleh dilatih dalam 2 hari latihan. Misalnya, otot bicep hanya saya sarankan untuk dilatih di hari senin dan rabu.. Hari selanjutnya anda tidak disarankan melatih otot bicep lagi. 

4. Latih secara seimbang otot besar dan otot kecil 

Otot kecil dan otot besar harus dilatih secara seimbang. Pada umumnya, aktivitas fitness yang disarankan yaitu latihlah otot besar terlebih dahulu, alasannya yaitu otot besar membutuhkan tenaga yang lebih dan otot besar kebanyakan merupakan gerakan compound. Baca juga: Melatih Secara Sempurna Otot Besar dan Otot Kecil 

5. Istirahat yang cukup 


Untuk mendapat hasil yang maksimal dalam fitness, anda harus melaksanakan istirahat yang cukup. Jika anda sering begadang, kurang waktu tidur, maka hasil latihan anda sanggup jadi sia2. 

6. Atur hidangan makan yang benar


Banyak orang beranggapan bahwa dengan fitness maka tubuh akan terbentuk dengan baik, sehingga mereka akhrinya mengabaikan teladan makan yang benar. Padahal kunci sukses dalam fitness 60% ditentukan oleh teladan makan dan sisanya ditentukan oleh latihan. Kalau anda fitness tetapi tidak mengatur teladan makan, maka anda tidak akan mendapat hasil yang optimal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar