Minggu, 21 Januari 2018

Perbedaan Pull Up Dan Chin Up

Salah satu olahraga bodyweight yang cukup terkenal dilakukan di semua cabang olahraga yakni olahraga pull up. Dalam olahraga pull up ternyata dikenal juga istilah chin up. Pada dasarnya gerakan pull up dan chin up ini nyaris sama, tetapi tentu saja keduanya berbeda. Apa bedanya pull up dengan chin up? 

PULL UP

Pull up merupakan gerakan mengangkat badan dengan posisi telapak tangan menghadap kedepan bar / pegangan.  

Target utama otot pull up yakni OTOT BAHU (shoulder / deltoids). Selain otot pundak pull up sebenanrya juga melatih aneka macam jenis otot ibarat otot punggung dan seluruh otot lengan anda. Untuk lebih jelasnya baca juga: Otot-otot yang Dilatih Saat Pull UpUntuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Sumber gambar: cdn2.omidoo.com

CHIN UP 

Chin up merupakan gerakan mengangkat badan dengan posisi telapak tangan menghadap kebelakang atau berlawanan dengan bar. 

Target utama dikala anda melakuan chin up yakni OTOT BICEP. Walaupun chin up juga melatih otot-otot punggung, lengan dan pundak sama ibarat pull up, namun chin up mempunyai sasaran pada otot bicep alasannya yakni gerakan posisi telapak tangan yang berlawanan dengan bar. Untuk lebih jelasnya perhatikan gerakan chin up dibawah ini. 
Sumber gambar: wikihow.com womenshealthmag.com

PERBEDAAN PULL UP DAN CHIN UP 

Dari kedua klarifikasi tersebut, anda dapat lihat terang perbedaan fundamental pull up dengan chin up. Gerakan pull up dan chin up tolong-menolong sama hanya yang membedakan yakni posisi telapak tangan. Target otot keduanya pun hampir mirip, hanya chin up lebih berfokus untuk melatih otot bicep. 

Pull up sedikit lebih berat dibandingkan gerakan chin up. Biasanya untuk pemula saya menyarankan anda untuk memulai latihan chin up kalau anda belum berpengaruh melaksanakan latihan pull up. Baca juga: Alat Latihan Pull Up di Rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar