Sabtu, 20 Januari 2018

5 Kesalahan Utama Dalam Melaksanakan Fitness

Fitness merupakan olahraga yang bertujuan untuk menjaga kebugaran sekaligus cara yang sangat efektif untuk membentuk otot-otot badan anda. Olahraga fitness yang dilakukan dengan baik tentunya akan memperlihatkan hasil yang efektif. 


Sumber gambar: www.sevfit.com

Namun, tehnik fitness yang salah bisa menjadikan hasil yang didapatkan menjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Pada umumnya ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan dalam olahraga fitness. Apa saja kesalahan2 tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Berlatih setiap hari dan mengabaikan istirahat

Berlatih setiap hari atau istilahnya overtraining. Para pemula gym sering mempunyai anggapan bahwa semakin sering otot dilatih, maka otot akan lebih cepat terbentuk. Ini yaitu anggapan yang salah. Ketika anda overtraining, badan anda akan merasa capek, sehingga otot anda tidak sanggup terbentuk dengan baik. 

Fitness yang ideal dilakukan sebanyak 4-5 kali seminggu. Sedangkan sisa waktu yang ada sangat baik bila anda gunakan untuk istirahat. Otot akan tumbuh bukan pada ketika anda latihan, tetapi pada ketika anda istirahat. Saat anda istirahat, otot anda akan mengalami pemulihan sehabis bekerja keras, sehingga otot anda akan tumbuh lebih cepat. 

2. Semakin berat beban yang diangkat, otot semakin cepat terbentuk 

Kunci keberhasilan fitness bukan beratnya beban yang diangkat, tetapi: Gerakan yang benar dan sempurna. Beban yang ringan dengan gerakan yang benar lebih efektif membentuk otot dibandingkan mengangkat beban yang berat tetapi dengan gerakan yang salah. 

Sebagai contoh, bila anda melaksanakan latihan shoulder press tetapi kaki anda ikut jinjit, itu artinya gerakan anda tidak sempurna. Bisa jadi beban yang anda angkat terlalu berat. Hal ini menciptakan otot anda tidak bisa terbentuk secara maksimal. Solusinya, yaitu anda harus mengurangi beban angkatan anda dan angkatlah beban yang bisa anda angkat dengan sempurna. 

3. Melupakan latihan kardio

Pemula sering menganggap bahwa latihan kardio akan menciptakan otot sulit terbentuk dan bisa menurunkan masa otot. Sekali lagi, anggapan tersebut salah. Latihan kardio yang dilakukan dengan benar dan tidak hiperbola mempunyai dampak yang baik untuk perkembangan otot anda. 

Latihan kardio berfungsi untuk mengkremasi lemak, sehingga ketika lemak anda sudah dibakar maka proses pembentukan otot akan lebih cepat. Latihan kardio yang baik dilakukan 5-10 menit sehabis anda berlatih angkat beban.  

4. Kurang memperhatikan pola makan yang benar

Masih banyak orang beranggapan kalau sudah latihan di gym berarti otot badan bisa lebih terbentuk dengan baik. Sehingga merekapun mengabaikan pola makan yang benar. Percuma saja bila anda fitness tetapi anda makan masakan yang berlemak tinggi dan mengandung gula. 

Perlu anda ketahui, keberhasilan membentuk badan ideal 50% ditentukan oleh pola makan yang benar. Sisanya, ditentukan oleh latihan itu sendiri dan pola istirahat yang anda terapkan. Kalau anda hanya latihan tanpa mempunyai pola makan yang benar, maka kesannya tidak akan terlihat. 

5. Tidak tetapkan plan latihan

Kunci keberhasilan dalam olahraga fitness yaitu anda harus mempunyai plan latihan. Rencana fitness yang bersiklus dengan baik sanggup memperlihatkan hasil yang anda inginkan. Misalnya, anda tidak disarankan untuk melatih otot yang sama setiap hari. Hal ini dikarenakan melatih otot yang sama setiap hari menciptakan salah satu bab otot anda menjadi overtraining sehingga menjadi lebih gampang lelah. 

Pemula seringkali tidak mempunyai rencana latihan yang baik, sehingga kegiatan fitness yang kacau menciptakan mereka tidak bisa mendapat bentuk badan yang ideal walaupun sudah latihan berbulan-bulan.  

Itulah 5 kesalahan yang sering dilakukan dalam menjalankan kegiatan fitness. Hindari 5 kesalahan tersebut dan mulailah dengan latihan yang benar untuk mendapat hasil yang anda inginkan.. Salam sehat.. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar