Sabtu, 20 Januari 2018

Bolehkah Perempuan Melaksanakan Angkat Beban?

Latihan fitness identik dengan kegiatan mengangkat beban. Memang fitness bertujuan untuk membentuk otot biar lebih besar. Tidak bisa dipungkiri bahwa latihan fitness memang identik dengan angkat beban. Kegiatan angkat beban ini biasanya dilakukan oleh pria. Oke, kemudian bagaimana dengan wanita? 

Apakah perempuan dihentikan mengangkat beban? Banyak mitos dan ketakutan bagi perempuan kalau melaksanakan angkat beban sanggup menjadikan kemandulan. Hal ini tidak benar. Olahraga angkat beban mempunyai berbagai manfaat bagi wanita. 



Apa manfaat berlatih angkat beban bagi wanita? Berikut yakni 6 (enam) manfaat berlatih beban secara rutin bagi wanita:  

1. Mengencangkan otot tubuh

Angkat beban bermanfaat dan sangat efektif untuk mengencangkan otot tubuh. Mengencangkan otot akan lebih cepat dan maksimal kalau dilakukan dengan latihan angkat beban daripada hanya sekedar berlatih kardio setiap hari.  

2. Membakar lemak

Angkat beban tidak hanya bertujuan mengencangkan otot tubuh, tetapi juga memperabukan lemak. Ketika melaksanakan angkat beban, gula badan akan dibakar terlebih dahulu. Setelah gula dalam badan dibakar, badan akan turut memperabukan lemak dari proses latihan angkat beban. Jadi, angkat beban juga bertujuan untuk mengikis lemak yang membandel. 

Baca juga: Kardio atau

3. Melancarkan peredaran darah

Angkat beban sanggup melancarkan peredaran sebab kegiatan angkat beban merupakan acara menggerakan badan anda dengan bermacam gerakan, sehingga sanggup melancarkan kembali peredaran darah. Hal ini sangat mempunyai kegunaan bagi anda yang jarang bergerak dan mempunyai acara yang banyak dihabiskan di dalam rumah. Ada baiknya anda mulai melaksanakan latihan angkat beban mulai dari sekarang. 

4. Menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis

Tidak sanggup dipungkiri bahwa angkat beban sanggup menguatkan tulang sebab kegiatan angkat beban sanggup menjaga keseimbangan badan dan menambah kekuatan otot. Walaupun usia anda bertambah, kalau anda rutin melaksanakan latihan angkat beban, tulang anda akan tetap berpengaruh dan mengurangi risiko terkena osteoporosis (tulang keropos). 

5. Memperbaiki sistem metabolisme tubuh

Semakin bertambah usia, masa otot perempuan akan semakin menyusut dan perempuan akan lebih gampang gemuk, sehingga perempuan sangat rentan untuk menimbun lemak dalam tubuh. Hal ini pada alhasil juga sanggup merusak sistem metabolisme tubuh. Untuk melancarkan kembali sistem metabolisme, angkat beban yakni opsi olahraga yang sangat bagus. Di satu sisi, menyerupai yang sudah saya singgung di poin 2, angkat beban sanggup memperabukan lemak.

6. Mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung

Angkat beban selain memperabukan lemak juga memperabukan gula dalam tubuh. Proses pembakaran gula dari angkat beban sanggup mengurangi diabetes akhir penumpukan gula yang berlebihan. Angkat beban juga sanggup menurunkan tekanan darah, sehingga anda terhindar dari risiko penyakit jantung. 

Jadim perempuan tidak perlu khawatir angkat beban akan berdampak negatif pada kesehatan. Justru sebaliknya, latihan angkat sangat disarankan untuk perempuan sebab keenam alasan yang sudah saya paparkan diatas. 

Intinya, angkat beban bisa menyehatkan badan bagi wanita. Angkat beban untuk perempuan mungkin agak sedikit dengan angkat beban yang biasa dilakukan pria. Simak tips angkat beban untuk wanita.  

Tips Angkat Beban untuk Wanita

Angkat beban yang disarankan untuk perempuan memang tidak perlu mengangkat terlalu berat, kecuali kalau anda yakni seorang binaragawati. Wanita cukup mengangkat dumbell secara rutin sesuai dengan kemampuan masing-masing. Menggunakan dumbell seberat 5-15 kg sudah cukup untuk wanita. 

Wanita sebaiknya melaksanakan gerakan variasi latihan dengan dumbell yang tidak terlalu berat dan usahakan untuk melatih semua otot badan (upper dan lower body), dan melaksanakan repetisi 12-15 repetisi dari setiap gerakan latihan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar